Cara Mudah Mencari Gambar Lewat Google di PC dan HP

Oleh: merak   |   Agustus 13, 2018
Ada kalanya pas lagi asik berselancar di internet, kita menemukan gambar yang menarik. Tapi sayangnya kita ga tau itu gambar apaan, dari film apa, dari game apa, atau foto siapa. Ingin rasanya menelusuri lebih lanjut gambar tersebut, tapi karna ga tau harus mencari dengan keyword apa, gambar itu pun kita abaikan. Tapi itu masalah dulu, sekarang ada Google.

Google punya fitur keren bernama reverse image search, sederhananya kita bisa melakukan penelusuran menggunakan gambar yang kita punya. Jadi ga perlu keyword lagi. Pencarian dengan gambar ini bekerja dengan cara mencocokan gambar yang kalian pilih, dengan gambar lain yang ada di database Google.

Cara Mudah Mencari Gambar Lewat Google di PC dan HPFitur ini mencocokan gambar berdasarkan warna, jadi wajar aja kalau hasil pencariannya nanti cuma warnanya aja yang sama, gambarnya beda. Makanya supaya lebih maksimal hasilnya, gunakan gambar yang sedikit unik atau tidak terlalu umum. Terutama dalam warna.

Disini bakal dijelasin cara menggunakan reverse image search melalui:
  • Browser di desktop (PC/laptop)
  • Google Chrome mobile (Android/iOS)
  • Browser mobile selain Chrome (smartphone)

Pencarian menggunakan gambar di browser desktop (PC/laptop)

Untuk menggunakan fitur nyari gambar dengan gambar lewat Google, minimal kalian harus menggunakan browser:
  • Chrome 5+
  • Internet Explorer 9+
  • Safari 5+
  • Firefox 4+

Ada 2 cara yang bisa digunakan untuk searching menggunakan gambar, bisa dengan mengunggah gambar tersebut ke Google dan bisa juga dengan mencantumkan URL dari gambar tersebut. Hasilnya akan sama, cuma beda cara aja.

2. Di bagian search box, ada logo kamera di samping logo kaca pembesar. Klik logo kameranya.

Cara Mudah Mencari Gambar Lewat Google di PC dan HP
Klik logo kameranya

3. Akan muncul box baru, disana tinggal pilih mau mencari dengan mengunggah gambarnya atau dengan URLnya. Kalo pake URL, tinggal paste aja di box yang tersedia. Kalo mau diupload, tinggal pindah ke tab Upload an image, lalu pilih foto yang mau dipake dengan mengklik Choose file.

Cara Mudah Mencari Gambar Lewat Google di PC dan HP
klik Choose file untuk mengupload gambar yang mau dicari

Cara Mudah Mencari Gambar Lewat Google di PC dan HP
Salin URL gambar dari internet, dan tekan enter atau klik tombol yang ditunjuk

4. Setelah itu tekan enter dan Google akan melakukan pencarian berdasarkan gambar tersebut.

Atau cara lainnya:

Jika kalian menggunakan Chrome, ada satu lagi cara yang lebih simpel untuk menggunakan fitur ini. Jadi misalkan kalian menemukan gambar di suatu situs dan mau mencari gambar yang serupa di internet tapi ga tau harus menggunakan keyword apa, kalian tinggal klik kanan di gambar tersebut dan pilih Search Google for image, nanti akan terbuka tab baru dari hasil pencarian tersebut.

Pencarian dengan gambar melalui hp (smartphone)

Yang ini juga ada 2 cara.

a). Menggunakan browser Chrome versi mobile

Yang ini sama dengan cara yang sebelumnya, jadi tekan agak lama gambar yang kalian temukan dan ingin kalian cari, lalu akan muncul pilihan Search Google for this image. Klik itu dan akan terbuka tab baru untuk mencari gambar tersebut. Simpel.

b) Menggunakan layanan lainnya

Ada banyak situs yang menyediakan jasa reverse image search begini, tinggal kalian cari aja dengan keyword tersebut dan pilih yang mana aja. 

Contohnya sekarang saya menggunakan TinEye, setalah masuk ke situs tersebut, kalian bisa milih antara mengupload gambar yang ingin dicari, atau menyalin URL gambar tersebut di box yang disediakan.

Cara ini bisa digunakan baik lewat ponsel maupun desktop.

Cara Mudah Mencari Gambar Lewat Google di PC dan HP
Nyari gambar lewat TinEye

Selain TinEye, masih banyak situs lain yang menyediakan layanan serupa. Kalian bisa temukan situs-situs tersebut dengan keyword reverse image search.

Tips yang sederhana ini bener-bener bisa mempermudah hidup kalian, meskipun cumans sedikit. Semoga membantu gaes.


Tampilkan Komentar