Eta, Sepeda Tercepat di Dunia dengan Bentuk yang Tidak Biasa

Oleh: merak   |   Maret 13, 2017
Setiap tahunnya, tim dari seluruh dunia berkumpul di Nevada dalam ajang "World Human Powered Speed Challenge", Ajang yang menantang tim-tim tersebut untuk menciptakan sesuatu yang bisa melaju dengan cepat di salah satu jalan paling datar, dan lurus di bumi sejauh 5 mil. Dengan catatan sesuatu tersebut ditenagai oleh manusia (seperti judulnya).

Dan pada 2015 kemarin, tim Aerovelo - dengan sepedanya yang bernama Eta - berhasil mencatatkan rekor baru dengan catatan kecepatan mencapai 139.45 km/jam atau sekitar 86.65 mil/jam.

Berbeda dengan sepeda yang kita lihat sehari-hari, Eta adalah sepeda super-cepat yang memiliki desain menyerupai peluru, berwarna putih, dan dikendarai di bagian dalamnya. Nama Eta sendiri berasal dari huruf Yunani "Eta" yang digunakan untuk menunjukan 'efisiensi' dalam bidang tehnik mesin.

Sebelumnya pada 2013 juga, tim Aerovelo juga telah memecahkan rekor untuk "World's Fastest Human-Powered Vehicle" dengan catatan kecepatan 133.8 km/jam atau sekitar 83.1 mil/jam, yang kemudian dipecahkan kembali dengan sepeda Eta-nya tersebut.

Proyek Eta sendiri masih terus dikembangkan dalam rangka mempromosikan ke-efisiensi-an desain untuk menciptakan desain dengan bobot yang ringan.


Referensi: Aerovelo

Tampilkan Komentar