11 Robot Petugas Keamanan yang Bekerja di Seluruh Dunia!

Oleh: merak   |   Januari 16, 2017
11 Robot Petugas Keamanan yang Bekerja di Seluruh Dunia!Teknologi adalah salah satu hal yang sudah tidak bisa dijauhkan lagi dari kehidupuan manusia. Mulai dari hobi, masakan, gaya hidup, sampai pihak keamanan pun menggunakan teknologi yang canggih.

Bukan cuman senjata atau pun kendaraan yang sudah dibekali teknologi canggih, tapi petugas-petugas ini juga dilengkapi teknologi canggih!, bahkan mereka sendiri lah teknologi canggih tersebut! Berikut adalah 11 petugas robot yang tersebar di seluruh dunia...

1. Griffin - Robot Canggih Milik Kepolisian Cleveland

Kepolisian di Cleveland (CPD) menggunakan robot bernama Griffin untuk memasuki daerah-daerah sempit yang sulit untuk dijangkau manusia, misalnya kolong mobil atau tempat sempit lainnya. Robot ini dibuat oleh oleh mahasiswa kampus setempat dengan tinggi 12 inci. Griffin dilengkapi dengan senter dan kamera, sehingga para polisi juga bisa memonitor daerah yang berbahaya dari jarak yang aman.

11 Robot Petugas Keamanan yang Bekerja di Seluruh Dunia!
Gambar: wired.com

2. Skunk - Robot Anti Huru-hara

Skunk adalah drone yang bisa menembakan paintball dan juga menyemprotkan semprotan lada. Dengan perlengkapan ini kepolisian di India, tepatnya di Uttar Pradesh menggunakan drone Skunk untuk 'mengontrol' situasi kericuhan. Skunk mampu menembakan 20 paintball per detik sekalgus menembakan gas air mata ke kerumunan massa. Selain itu Skunk juga dilengkapi dengan thermal camera, HD camera, speaker dan juga microphone. Drone pengontrol kericuhan ini dibuat oleh perusahaan asal Afrika Selatan yaitu Dessert Wolf.

11 Robot Petugas Keamanan yang Bekerja di Seluruh Dunia!
Gambar: alphabetics.info

3. Robo-Guard - Robot Penjaga di Penjara

Pada 2012 lalu, Korea Selatan mencoba Robo-Guard sebagai petugas keamanan di penjara, tepatnya di Pohang. Robot ini dilengkapi dengan kamera 3D dan software untuk mengenali perilaku para tahanan, misalnya robot ini dapat melapor bila 'melihat' perkelahian atau saat melihat tahanan yang terkapar di lantai. Menurut laporan, Korea Selatan juga akan membangun Robo-Guard untuk berpatroli selama Olimpiade 2018 di Pyeongchang.

11 Robot Petugas Keamanan yang Bekerja di Seluruh Dunia!
Gambar: digitaltrends,com

4. The Dogo - Robot Kecil yang Mematikan!

Robot yang dibuat salah satu perusahaan Israel bernama General Robotics Ltd ini dilengkapi dengan 9mm Glock pistol. Dogo bisa memasuki rumah diam-diam, menaki anak tangga, dan juga bergerak di tempat yang sulit. Dengan 8 kamera dan audio 2 arah, polisi dapat berkomunikasi atau bahkan menembak si pelaku dari jarak yang aman.

11 Robot Petugas Keamanan yang Bekerja di Seluruh Dunia!
Gambar: algemeiner.com

5. Drone Penangkap Drone Milik Kepolisian Jepang

Kepolisian di Jepang menggunakan drone yang dilengkapi dengan jaring untuk menangkap drone lainnya yang mencurigakan. Contoh kasusnya adalah saat drone dengan jaring ini menangkap drone yang membawa pasir radioaktif ke atap rumah Perdana Menteri Shinzo Abe, yang ternyata adalah bentuk protest dari aktivis anti-nuklir.

Berikut adalah video dari percobaan drone ini :



6. 510 PackBot - Petugas Keamanan Saat Olimpiade di Brazil

Sebenarnya robot ini dibuat sebagai pendeteksi bom atau hal berbahaya lainnya, tetapi di Brazil robot ini digunakan sebagai petugas keamanan saat Olimpiade kemarin. Robot ini dilengkapi dengan 4 kamera, dan 'tangan' yang mampu mengangkat beban sekitar 13 Kg. Kemampuan lainnya seperti memotong kabel (karna sebenarnya untuk pendeteksi bom), menaiki tangga, dan bergerak dengan kecepatan 6 mil per jam. Kepolisian Brazil menggunakan 510 PackBot untuk mendeteksi barang-barang yang mencurigakan.

11 Robot Petugas Keamanan yang Bekerja di Seluruh Dunia!
Gambar: auvsi.org

7. Robot Pengatur Lalu Lintas di Kongo

Di Kinshasa, Kongo, ada robot yang dijadikan sebagai pengatur lalu lintas. Robot bertenaga surya ini mulai digunakan pada 2013 dengan tujuan mengurangi angka kecelakaan dan membuat orang-orang lebih taat aturan berlalu lintas. Robot ini mengatur lalu lintas dengan warna merah dan hijau di tangannya. Robot yang dibuat oleh perusahaan Women's Technology ini juga mampu mengirimkan rekaman ke polisi untuk mencegah pengendara yang berbahaya.

11 Robot Petugas Keamanan yang Bekerja di Seluruh Dunia!
Gambar: telegraph.co.uk

8. TRM - Robot Super Tahan Banting!

Taktyczny Robot Miotany (TRM) atau kalau diinggriskan menjadi The Tactical Throw Robot adalah robot yang digunakan kepolisian Polandia. Sebelum digunakan robot ini akan dijatuhkan atau dilempar ke suatu lokasi, dan setelah itu kamera, dan microphone pada robot ini lah yang akan melakukan pekerjaan selanjutnya. Robot yang super-tahan-banting ini juga bisa dilengkapi dengan stun grenade atau bahkan bahan peledak jika diperlukan. Tentu saja robot ini juga bisa bergerak dengan 2 roda yang ada di sampingnya.

11 Robot Petugas Keamanan yang Bekerja di Seluruh Dunia!
Gambar: focus.pl

9. SRG-A1 - 'Monster' di Perbatasan Korea!

Robot penjaga perbatasan yang dibuat oleh Samsung ini membantu pemerintah Korea Selatan di perbatasannya dengan Korea Utara. Robot ini bukan robot main-main, SRG-A1 dilengkapi dengan 5mm machine gun, dan grenande launcher yang siap ditembakan ke target dengan jarak 2 mil. Robot ini juga dilengkapi dengan sensor gerak dan sensor panas untuk mendeteksi musuh serta low-light camera untuk berjaga-jaga di malam hari. Robot ini juga merupakan robot yang serba otomatis. Dari robot ini terlihat jelas separah apa hubungan 2 negara Korea ini....

11 Robot Petugas Keamanan yang Bekerja di Seluruh Dunia!
Gambar: techcult.ru

10. Emily - Petugas Penyelamat Pengungsi

Penjaga pantai di Lesvos, Yunani menggunakan robot bernama Emily untuk mencari kapal-kapal milik pengungsi asal Syria. Emily sendiri merupakan singkatan dari Emergency Integrated Lifesaving Lanyard atau kalo diindonesiakan bisa menjadi Kapal Penyelamat Darurat. Robot dari proyek Texas A&M University ini mampu melaju dengan kecepatan 20 mil per jam.

11 Robot Petugas Keamanan yang Bekerja di Seluruh Dunia!
Gambar: digitaltrends.com

11. Petugas Baru di Dubai!

11 Robot Petugas Keamanan yang Bekerja di Seluruh Dunia!
Gambar: facebook.com/merraccodde
Hal lainnya yang bisa dilakukan oleh robot polisi Dubai tersebut misalnya berjabat tangan dan juga bisa menjadi tempat membayar denda jika seseoarang melakukan pelanggaran lalu lintas.

IBM Watson dan juga Google pun ikut bekerja sama untuk membuat robot ini agar dapat mengikuti perintah suara layaknya virtual assistant.

Itulah kesebelas robot yang bertugas dan pernah bertugas di seluruh dunia. Teknologi akan terus berkembang, dan mungkin di masa yang akan datang, robot-robot polisi di film sci-fi akan bisa benar-benar bertugas di dunia nyata... yaa semoga aja yaa.

Referensi: WIRED


Tampilkan Komentar